Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2022

PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MICROSOFT TEAMS DAN SWAY PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X IPS 2 SMA N 1 BANYUMAS

Chenes Aprilia (Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banyumas)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif materi ekosistem dengan menerapkan pembelajaran daring menggunakan model Problem Based Learning berbasis Microsoft Teams dan Sway. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Banyumas semester 2 tahun ajaran 2020/2021 pada materi ekosistem. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas X IPS 2 yang terdiri dari 36 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen evaluasi hasil belajar kognitif materi ekosistem dan angket respon peserta didik terhadap pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif peserta didik sampai pada siklus II mencapai 83,30% dengan indikator keberhasilan 80% peserta didik mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran daring menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Microsoft Teams dan Sway dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pad materi ekosistem kelas X IPS 2 SMA N 1 Banyumas. Selain itu, hasil angket respon peserta didik terhadap pembelajaran materi ekosistem pada siklus II mencapai 94,44% peserta didik menunjukkan respon yang baik sehingga indikator keberhasilan siklus II tercapai

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...