Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar

Pengaruh Pendekatan Cross Cultural Understanding terhadap Minat Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa PGSD UNIMUDA Sorong

Syams Kusumaningrum (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Aswendo Dwitantyanov (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar Bahasa Inggris sesudah dilaksanakan pembelajaran dengan pendekatan Cross Cultural Understanding (CCU) pada mahasiswa PGSD UNIMUDA Sorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Unimuda Sorong semester II. Sampel penelitian diambil dengan teknik Random Assignment. Jumlah sampel sebanyak 60 mahasiswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas II D sebagai kelas kontrol dan kelas II E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing kelompok sebanyak 30 mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket. Validitas intrumen ini melalui pendapat para ahli (expert judgement) dan mengujicobakan instrumen (validitas empiris). Reliabilitas instrumen diuji dengan menggunakan Spearman Brown. Untuk menganalisis data hasil penelitian digunakan statistik deskriptif dan uji beda (t-test). Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan minat belajar mahasiswa yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol sesudah menggunakan pendekatan CCU. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil t-hitung lebih besar t-tabel yaitu sebesar 2,048 > 1,699 dengan perolehan rerata nilai minat kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu sebesar 78,06 > 66,75. Dengan demikian pendekatan CCU memberikan pengaruh positif terhadap minat belajar Bahasa Inggris mahasiswa PGSD UNIMUDA Sorong.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikandasar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Papeda: Publikasi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Pendidikan Dasar. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang ...