Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar

Peran Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMPN 7 Kubung

Desi Rahmatika (Universitas Mahaputra Muhammad Yamin)
Muriani Muriani (Universitas Mahaputra Muhammad Yamin)
Merika Setiawati (Universitas Mahaputra Muhammad Yamin)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran seorang guru dalam memberikan motivasi belajar bagi siswanya. etode yang digunakan adalah dengan metode wawancara dan observasi. Menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Dalam artikel terdapat landasan teori yang dapat menjadi pedoman agar terfokus pada penelitian yang sesuai dengan fakta yang ada dilapangan. Penulis melaksanakan penelitian di SMPN 7 Kubung dengan menjadikan siswa/siswi kelas VIII dan beberapa guru menjadi subjek penelitian. Masalah yang ditemukan peneliti adalah bagaimana peran seorang guru dalam memberikan pembelajaran ips dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran ips. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran seorang guru sebagai pemimpin kelas,pengajar dan pembimbing sudah terlaksana dengan baik dalam memberikan ilmu atau pengajaran dengan baik. Motivasi belajar seorang siswa dalam menghadapi tugas, menghadapi kesulitan dan belajar mandiri sudah terlaksana dengan sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikandasar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Papeda: Publikasi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Pendidikan Dasar. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang ...