AGRISE
Vol 10, No 2 (2010)

Analisis Perceived Quality Produk Insektisida Pada Petani Bawang Merah

Djoko Koestiono1 (Department of Agricultural Socio-Economics, Agriculture Faculty, Brawijaya University)
Retno Wahyuningtias (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2010

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginventarisir atribut-atribut yang dipertimbangkan petani pada produk insektisida serta mengetahui perceived quality petani pada produk insektisida diukur berdasarkan performan atribut produknya.  Analisis  perceived quality digunakan untuk mengukur kesempurnaan suatu produk dan persepsi dari setiap konsumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Insektisida Virtako  dari PT. Syngenta Indonesia mendapatkan persepsi kualitas terbaik dibandingkan kedua pesaingnya yaitu Insektisida Prevathon dan Tracer . Hal ini dikarenakan produk Virtako cenderung memperoleh persepsi baik pada semua performan atributnya. Oleh sebab itu, perusahaan Syngenta harus tetap mempertahankan kualitas setiap produknya agar tetap diminati oleh konsumen, sedangkan pada produsen Prevathon dan Tracer lebih melakukan inovasi baru pada manajemen produknya dan memperbaiki strategi pemasaran agar bisa bersaing dengan produk unggulan di pasar.   Kata kunci : produk insektisida, analisis perceived quality, dan persepsi konsumen

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

AGRISE

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

AGRISE adalah Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian yang berada di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya yang berupa hasil penelitian, studi kepustakaan maupun tulisan ilmiah terkait. Jurnal ini diterbitkan pertama kali pada tahun 2001 oleh Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian FPUB. Pada tahun ...