Jurnal Serunai Bahasa Indonesia
Vol 19, No 2 (2022): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (JSBSI) OKTOBER 2022

TINDAK TUTUR LOKUSI,ILOKUSI DAN PERLOKUSI DALAM INTERAKSI PENJUAL DENGAN PEMBELI DI PASAR RAYA MMTC

Ahmad Nur Cahyo (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tindak tutur lokusi, ilokusi dan perlokusi dalam interaksi sosial penjual dengan pembeli di Pasar Raya MMTC. Penelitian ini mengggunakan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatis, pendekatan kualitatif, dan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa penggalan tuturan peristiwa berbahasa atau peristiwa tutur pedagang dan pembeli yang melakukan interaksi di Pasar Raya MMTC yang diduga mengandung pemakaian tindak tutur. Sumber data dari penelitian ini yaitu seluruh tuturan atau  peristiwa berbahasa pedagang dan pembeli di Pasar Raya MMTC. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode simak dengan teknik dasar teknik sadap dan teknik lanjut menggunakan teknik simak libat bebas cakap, teknik rekam dan teknik catat Adapun metode dan  teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan subjenis padan pragmatis dengan Teknik dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dasar pilah unsur penentu (PUP). Data akan dipilah berdasarkan pengelompokkan  tindak tutur Adapun alat yang digunakan dalam teknik ini adalah daya pilah peneliti yang bersifat mental yang dimiliki peneliti dengan daya pilah pragmatisHasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tindak tutur yang ditemukan dalam komunikasi antara penjual dan pembeli di pasar Raya MMTC yaitu tindak tutur lokusi, tindak tutur ilokusi dan tindak tutur perlokusi. Jenis tindak tutur lokusi yang ditemukan dalam komunikasi penjual dan pembeli di pasar Raya MMTC yaitu lokusi pernyataan, lokusi perintah dan lokusi pertanyaan. Jenis tindak tutur ilokusi yang ditemukan dalam komunikasi antara penjual dan pembeli di pasar Raya MMTC yaitu asertif, direktif, komisif dan ekspresif. Dalam komunikasi antara penjual dan pembeli di pasar Raya MMTC tidak ditemukan jenis deklarasi. Hal tersebut disebabkan tidak ditemukan bentuk tuturan yang menghubungkan isi tuturan dengan kenyataan. Jenis tindak tutur perlokusi yang terdapat dalam komunikasi penjual dan pembeli di pasar Raya MMTC yaitu perlokusi verbal dan perlokusi verbal non-verbal. Kata-kata Kunci: Tindak Tutur, Interaksi, Pasar Raya MMTC

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

je

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah Serunai Bahasa Indonesia merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun yaitu Februari dan Agustus . Penerbitan jurnal ini sebagai sarana untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah dari ...