Jurnal Serunai Bahasa Indonesia
Vol 19, No 2 (2022): JURNAL SERUNAI BAHASA INDONESIA (JSBSI) OKTOBER 2022

Peningkatan Kemampuan Menganalisis Kebahasaan Teks Laporan Hasil Pbservasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning oleh Siswa Kelas X SMA Swasta Erlangga

Rosmeri Saragih - sarahih (UNIVERSITAS SIMALUNGUN)
resmi - resmi (Universitas Simalungun)
fheti wulandari lubis (STKIP Budidaya)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi dengan  menggunakan media pembelajaran discovery learning pada pembelajaran siswa kelas X di SMA Swasta Erlangga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasi yang bertujuan untuk melihat ada tidaknya pengaruh antara kedua variabel yang diteliti. Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes uraian. Selanjutnya dilakukan analisis dengan menggunakan rumus Deskripsi Korelasi Product Moment. Setelah memperoleh hasil analisis data penelitian, maka selanjutnya dilakukan pembuktian hipotesis untuk mengetahui apakah hipotesis diterima kebenarannya atau ditolak dengan menggunakan uji tes (uji “t”). Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data terbukti bahwa nilai r sebesar 0.73 yang berarti tergolong korelasi tinggi. Selanjutnya hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung sebasar4,72 dan jika dikonsultasikan dengan tabel distribusi t diperoleh harga ttabel sebesar 1,98 maka thitung > ttabel. Hal ini membuktikan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya penggunaan media pembelajaran discovery learning efektif dan berpengaruh terhadap kemampuan menganalisis kebahasaan tek laporan hasil observasi yang berarti terdapat peningkatan kemampuan menganalisis kebahasaan tek laporan hasil observasi dengan  menggunakan media pembelajaran discovery learning pada pembelajaran siswa kelas x di SMA Swasta Erlangga Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan, Kebahasaan, Discovery LearningABSTRACT This study aims to find out how to improve the ability to analyze the linguistics of the observational report text using discovery learning learning media in the learning of class X students at Erlangga Private High School. The method used in this study is a descriptive correlation method which aims to see whether there is an influence between the two variables studied. The data collection instrument in this study was to use a description test. Furthermore, the analysis is carried out using the Product Moment Correlation Description formula. After obtaining the results of the research data analysis, the next step is to prove the hypothesis to find out whether the hypothesis is accepted or rejected by using a test test ("t" test). Based on the results of research and data analysis, it is proven that the r value is 0.73 which means that it is classified as high correlation. Furthermore, the results of hypothesis testing obtained tcount of 4.72 and if consulted with the t distribution table, the t-table value was 1.98, then tcount > ttable. This proves that Ha is accepted and H0 is rejected. This means that the use of discovery learning learning media is effective and has an effect on the ability to analyze the linguistics of the observational report text, which means that there is an increase in the ability to analyze the linguistics of the observational report text using discovery learning learning media in class x student learning at Erlangga Private High School. Keywords: Ability Improvement, Language, Discovery Learning  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

je

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah Serunai Bahasa Indonesia merupakan media informasi yang diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun yaitu Februari dan Agustus . Penerbitan jurnal ini sebagai sarana untuk menampung artikel-artikel ilmiah yang berasal dari hasil penelitian, kajian-kajian atau makalah ilmiah dari ...