Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi berbasis masalah terhadap kemampuan menulis cerita pendek oleh siswa kelas XI SMK Swasta YPIS Maju Binjai tahun pelajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI yang berjumlah 30 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode experimen dan desain yang digunakan adalah one group pretest and posttest design. Instrumen penelitian ini menggunakan tes uraian menulis cerpen. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi berbasis masalah terhadap kemampuan menulis cerita pendek oleh siswa kelas XI SMK Swasta YPIS Maju Binjai tahun pelajaran 2021/2022. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 dengan keputusan menerima hipotesis yang diajukan. Selain itu, terdapat peningkatan nilai rata-rata kemampuan menulis cerpen siswa, yang semula pada hasil pretest sebesar 65,6 dengan kategori cukup meningkat pada hasil postest sebesar 71,13 dengan kategori baik.
Copyrights © 2022