Jurnal Prakarsa Paedagogia
Vol 5, No 1 (2022): Juni 2022

Penggunaan Kaidah Kebahasaan Teks Pidato pada Siswa Kelas IX : Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Sintaksis

Muhammad Naufal Afham (Universitas Negeri Semarang)
Septina Sulistyaningrum (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan struktur frasa dalam tataran sintaksis pada teks pidato milik siswa SMP kelas IX, (2) mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan struktur kalimat dalam tataran sintaksis pada teks pidato milik siswa SMP kelas IX, dan (3) perbaikan kesalahan penggunaan struktur frasa dan kalimat dalam tataran sintaksis pada teks pidato milik siswa SMP kelas IX. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik anaslisis data pada penelitian ini menggunakan teknik catat (taking note method) dan teknik pilah. Pencatatan dapat dilakukan pada kartu data yang telah disediakan atau akan disediakan. Setelah pencatatan dilakukan, peneliti melakukan klarifikasi atau pengelompokkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa total keseluruhan kalimat dari 40 sampel adalah 757 kalimat, terdapat 198 (26,16%) kesalahan, dengan rincian 123 (16,25%) kesalahan frasa dan 75 (9,911%) kesalahan pada struktur kalimat. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Education

Description

iterbitkan sebagai media publikasi dan desiminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Pendidikan baik dari Mahasiswa dan Dosen untuk memperkaya khasanah keilmuan pendidikan menuju tercapainya generasi emas ...