Ruang Cendekia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 3 (2022): Ruang Cendekia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Sosialisasi kurikulum merdeka merdeka belajar untuk meningkatkan pengetahuan para guru di SD Swasta Muhamaddiyah 04 Binjai

Nurul Hasanah (STKIP BUDIDAYA BINJAI)
Musa Sembiring (STKIP BUDIDAYA BINJAI)
Khairina Afni (STKIP BUDIDAYA BINJAI)
Risma Dina (STKIP BUDIDAYA BINJAI)
Ice Wirevenska (STKIP BUDIDAYA BINJAI)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2022

Abstract

Merdeka Belajar adalah kebijakan terobosan yang diluncurkan Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim, yang bertujuan untuk mengembalikan otoritas pengelolaan pendidikan kepada sekolah dan pemerintah daerah. Dalam rangka pemulihan learning loss yang terjadi dalam kondisi tertentu. Sebab itulah satuan pendidikan atau kelompok satuan pendidikan perlu mengembangkan kurikulum dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan kondisi satuan pendidikan, potensi daerah, dan peserta didik. Hingga saat ini kurikulum merdeka masih awan bagi para guru di SD Swasta Muhamadidyah 04 Binjai. Oleh karena itu sangat tepat kiranyapara dosen dari STKIP Budidaya Binjai berserta Dosen dari UMN merasa terpanggil untuk mendampingi guru-guru tersebut dalam kegiatan sosialisasi kurikulum merdeka. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam pengambangan kurikulum merdeka bagi para guru SD Swasta Muhamadidayah 04 Binjai. Materi pelatihan ini akan di lakukan dalam 2 tahap dimana tahap pertama akan lebih fokus dalam memberikan informasi Tentang krisis pembelajaran paska covid 19 dan tahap 2 berfokus pada tujuan dari kurikulum merdeka bagi sekolah dasar. Adapun simpulan dari kegiatan ini yaitu adanya perubahan proses pembelajaran setelah pandemic Covid 19 oleh karena itu perlu adanya kurikulum darurat yaitu kurikulum merdeka.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ruang-cendekia

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Ruang Cendekia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, is to serve as the premier peer-reviewed, interdisciplinary journal to advance theory and practice related to all forms of outreach and engagement . This includes highlighting innovative endeavors; critically examining emerging issues, trends, ...