Jurnal Dedikasi
Vol 24, No 2 (2022): Jurnal Dedikasi

Peningkatan Kapasitas Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Jeneponto

Muhammad Riska (Universitas Negeri Makassar)
Andi Imran (Universitas Negeri Makassar)
Elfira Makmur (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah Gugus 3 Bangkala Kabupaten Jeneponto. Masalahnya dibagi me jadi 2 yaitu aspek pengetahuan dan aspek praktik. Asepk pengetahuan adalah: Guru SD di Gugus 3 Bangkala Kabupaten Jeneponto belum mengetahui langkah-langkah project base learning (PjBL). Aspek praktik mitra pengabdian yaitu Guru SD Gugus 3 Bangkala Kabupaten Jeneponto belum memiliki pengalaman menerapkan project base learning (PjBL) dalam kegiatan pembelajaran. Model yang diterapkan dengan pelatihan dengan metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, kolaborasi dan penugasan. Yang dilakukan di salah satu sekolah gugus 3 Bangkala, Kab. Jeneponto yang dihadiri 68 guru dari 8 sekolah yang tergabung dalam gugus 3 Bangkala. Hasil yang dicapai adalah dari aspek pengetahuan guru mitra mengetahui langkah-langkah model project base learning (PJBL) dan secara praktik guru mitra mampu merancang penerapan model project base learning (PJBL) dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci: model, PJBL, penerapan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. This journal focuses on the main problems in the development of the sciences of community services areas as follows: 1. Education for ...