Among Makarti
Vol 15, No 2 (2022): AMONG MAKARTI (EDISI KHUSUS DIES NATALIS KE 38)

STRATEGI MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PELAKU UMKM BINAAN RUMAH BUMN PURWOKERTO MELALUI ORIENTASI PASAR DAN INOVASI

Puspita Lianti Putri (Universitas Harapan Bangsa)
Kartika Dwi Chandra Sari (Universitas Harapan Bangsa)



Article Info

Publish Date
16 Aug 2022

Abstract

Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan salah satu kegiatan usaha yang berkontribusi besar dalam perekonomian nasional. Salah satu kunci untuk memenangkan persaingan terletak pada kemampuan UMKM untuk menciptakan keunggulan bersaing. Strategi yang umum bisa digunakan UMKM  yaitu dengan orientasi pasar dan inovasi. Peneitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai strategi untuk menciptakan keunggulan bersaing dengan orientasi pasar dan inovasi yang telah dilakukan oleh pelaku UMKM binaan Rumah BUMN Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dengan kuesioner dan wawancara langsung terhadap responden pengelola UMKM. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi dan orientasi pasar secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ama

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Among Makarti adalah jurnal ilmiah bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan isu – isu terkini terkait dengan penelitian dibidang ekonomi dan bisnis. Secara khusus cakupan jurnal Among Makarti adalah : a. Di bidang bisnis, kami menerima artikel ilmiah dengan ruang lingkup sebagai berikut: 1. ...