An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat
Vol 9, No 2 (2022): AN-NADAA JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT (DESEMBER)

HUBUNGAN SALINITAS, SUHU, DISSOLVED OXYGEN, DAN pH AIR TEMPAT PERINDUKAN DENGAN KEBERADAAN JENTIK VEKTOR DEMAM DENGUE

Anita Herawati (Program Studi Sarjana Terapan Promosi Kesehatan, Universitas Sari Mulia)
Ahmad Rasyid Ridha Ramadhan (Program Studi Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan, Politeknik Kesdam VI/Tanjungpura)
Nurul Hidayah (Program Studi Sarjana Terapan Promosi Kesehatan, Universitas Sari Mulia)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2022

Abstract

Sebaran kejadian Demam Dengue salah satunya dipengaruhi oleh kepadatan jentik dimana keberadaan jentik dapat dipengaruhi oleh kualitas air tempat perindukan meliputi salinitas, Dissolved Oxygen (DO), suhu, dan pH. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan salinitas, DO, suhu, dan pH dengan keberadaan jentik. Metode penelitian ini adalah kuantitatif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian adalah air di tempat penampungan air (TPA) berjumlah 92 TPA diambil menggunakan sample random sampling. Data dianalisis menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian diperoleh p-value hubungan salinitas dengan keberadaan jentik adalah 0,022, DO dengan keberadaan jentik yaitu p-value = 0,009, suhu dengan keberadaan jentik didapat p-value = 0,005, dan p-value untuk hubungan pH dengan keberadaan jentik adalah 0,196. Disimpulkan parameter yang berhubungan secara signifikan adalah salinitas, DO, dan suhu. Parameter yang tidak berhubungan adalah pH.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ANN

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

An-Nadaa adalah publikasi ilmiah sebagai wadah informasi di bidang kesehatan masyarakat berupa hasil penelitian orisinal dalam bahasa Indonesia atau Inggris yang mencakup rumpun ilmu : ? Administrasi Kebijakan Kesehatan ? Biostatistik dan Kependudukan ? Epidemiologi ? Gizi Kesmas ? ...