Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 8 No. 3 (2022): July-September

Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Teori Mason Yang Ditinjau dari Proses Berpikir Kritisnya

Ayu Sri Astuti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Syamsuri Syamsuri (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2022

Abstract

Sering kali guru hanya memfokuskan bagaimana menyampaikan materi sampai selesai tetapi tidak melihat apakah siswa tersebut dapat memahami maksud dari pada penyelesaian masalah atau makna proses penyelesaian masalahnya. Proses berpikir kritis merupakan rangkaian kegiatan dalam otak saat melakukan pemecahan masalah dengan berpikir secara logis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis matematis siswa SMP berdasarkan teori Mason yaitu terdapat 3 tahapan ada tahap entry, attack, dan review. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdisi atas 4 siswa kelas VII F yang telah mendapatkan materi garis dan sudut. Instrumen yang digunakan adalah tes dan wawancara. Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini melalui tiga tahap diantaranya: (1) tahap persiapan, (2) tahap pelaksanaan, dan (3) tahap analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kelompok siswa yang dapat menyelesaikan pemecahan masalah dengan seluruh tahapan berpikir Mason danĀ  ada siswa dalam penyelesaian pemecahan masalahnya hanya melalui dua tahapan berpikir Mason.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...