Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 8 No. 3 (2022): July-September

Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Sopian Sauri (Universitas Hamzanwadi)
Andi Sulastri (Universitas Hamzanwadi)
Arif Rahman Hakim (Universitas Hamzanwadi)
Muhammad Sururuddin (Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan karakter siswa sekolah dasar yang ada di dusun limbungan. Untuk mengetahui dampak positif dan negatif gadget terhadap perkembangan karakter siswa SD di dusun limbungan. Jenis penelitian ini menggunakan Deskriptif kualitatif, sedangkan pengumpulan data menggunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung dengan informan yang ada dilapangan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu Pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan karakter siswa sekolah dasar Dusun Limbungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan karakter siswa sekolah dasar di Dusun Limbungan, diantaranya siswa menjadi seorang yang individualis, jarang melakukan interaksi sosial dengan lingkungan luar atau teman sebayanya, lalai terhadap kewajibannya seperti belajar, tidak memperdulikan apapaun sampai melupakan waktu seperti melalaikan  solat, dan bermalas-malasan untuk mengaji hal ini sangat mempengaruhi sikap sosial, tanggung jawab dan sikap religius siswa. Dampak tersebut disebabkan siswa yang terlalu sering menggunakan gadget dengan durasi waktu yang terlalu lama dan kurangnya pengawasan dari orang tua yang membuat siswa menajdi kecanduan dan membuat siswa menjadi malas melakukan hal yang lebih bermanfaat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...