PEDAGOGIKA
Vol 13 No 2 (2022): Oktober

Pengaruh Konsep Diri Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Fitriani Hasim (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Baharullah (Unknown)
Sukmawati (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa; pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar matematika siswa melalui kebiasaan belajar; dan pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu ex post facto. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa di SD Hang Tuah Makassar. Sampel yang digunakan yaitu 108 siswa yang terdiri dari kelas III yaitu 31 siswa, kelas IV yaitu 34 siswa, dan kelas V yaitu 43 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan multistage random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri berkontribusi terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 0,244 atau 24,4%; konsep diri berkontribusi terhadap hasil belajar matematika siswa melalui kebiasaan belajar sebesar 0,279 atau 27,9%; dan kebiasaan belajar berkontribusi terhadap hasil belajar matematika siswa sebesar 0,12 atau 12%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The PEDAGOGIKA with registered number ISSN p-2086-4469, ISSN e-2716-0580 is a collection of educational scientific articles, especially in the fields of educational sciences such as Educational Management, Guidance and Counseling, Primary/Elementary and Teacher Education, Early Childhood and Teacher ...