PEDAGOGIKA
Vol 13 No 2 (2022): Oktober

Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasar

Ni Nyoman Ari Ratnadi (STIKes Buleleng)
Kadek Dwi Arlinayanti (Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan Buleleng)
Kadek Devy Marleni (Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan Buleleng)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bermain peran terhadap kemampuan bahasa Inggris anak pada siswa SDN 1 Sangsit. Desain penelitian adalah quasi eksperimental dengan rancangan pre-post test design with contol group dengan sampel 110 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria sampel. Pengukuran kemampuan berbahasa Inggris dilakukan dengan lembar observasi Denver II. Dari hasil penelitian didapatkan rata-rata kemampuan berbahasa pada kelompok eksperimen sebelum diberikan intervensi adalah 64,18 yang masuk dalam Normal sedangkan pada kelompok kontrol didapatkan rata-rata 43,09 yang termasuk dalam kategori Caution. Setelah diberikan intervensi selama 3 kali dalam seminggu selama 4 minggu didapatkan rata-rata nilai kemampuan berbahasa pada kelompok eksperimen mendapat rata-rata 77,82 yang masuk dalam kategori Advance sedangkan pada kelompok kontrol didapatkan rata-rata 25,45 yang termasuk dalam kategori Caution, dengan uji paired t test pada kelompok eksperimen diperoleh p-value 0,000 dan 0,000 pada kelompok kontrol. Perbedaan nilai keseimbangan antara dua kelompok menggunakan uji independent t-test didapatkan nilai p value 0,000 sehingga ada perbedaan yang berarti antara kelompok eksperimen dan kontrol.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The PEDAGOGIKA with registered number ISSN p-2086-4469, ISSN e-2716-0580 is a collection of educational scientific articles, especially in the fields of educational sciences such as Educational Management, Guidance and Counseling, Primary/Elementary and Teacher Education, Early Childhood and Teacher ...