Komunikasi terapeutik merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien adalah kualitas pelayanan dan perilaku caring perawat. Seorang petugas kesehatan harus memiliki perilaku caring dalam pelayanannya terhadap pasien, karena hubungan antara pemberi pelayanan kesehatan dengan pasien merupakan faktor yang mempengaruhi proses kepuasan dan kesembuhan pasien tersebut. Desain penelitian ini akan menggunakan jenis analytic yang bersifat cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien Ruang Rawat Inap RSUD Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak Kabupaten Aceh Timur selama 3 bulan terakhir sebanyak 1.563 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 diambil menggunakan teknik accidental sampling. hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara komunikasi terapeutik petugas kesehatan dengan kepuasan pasien di RSUD dr. Zubir Mahmud dengan .p-value (Fisher’s Exact Test) 0,000 (p<0,05). Ada hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien di RSUD dr. Zubir Mahmud dengan .p-value (Continuty Correction Test) 0,000 (p<0,05) dan Tidak ada hubungan antara perilaku caring petugas kesehatan dengan kepuasan pasien di RSUD dr. Zubir Mahmud dengan .p-value (Continuity Correction) 0,662 (p>0,05).
Copyrights © 2021