Igya ser hanjop: Jurnal Pembangunan Berkelanjutan
Vol 4 No 2 (2022)

Struktur Vegetasi Mangrove dan Produksi Serasah Mangrove Sonneratia alba di Telaga Wasti Kabupaten Manokwari, Papua Barat

Fitriyah Irmawati Elyas Saleh (Universitas Papua)
Christina Recharda Rusianti (Unknown)
Selfanie Talakua (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Papua)
Alianto Alianto (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Papua)
Setiawan Mangando (Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang Satuan Kerja Taman Wisata Perairan Kepulauan Padaido)
Yulianti Elisabet Demena (Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang Satuan Kerja Taman Wisata Perairan Kepulauan PadaidoBalai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang Satuan Kerja Taman Wisata Perairan Kepulauan Padaido)
Endriano Manalu (Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang Satuan Kerja Taman Wisata Perairan Kepulauan Padaido)
Fredy C. Eldiester (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Papua)
Frits N. Y. Rumbino (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Papua)
Syafrudin Raharjo (Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional Kupang Satuan Kerja Taman Wisata Perairan Kepulauan)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2022

Abstract

Produktivitas serasah mangrove merupakan bagian terpenting dalam transfer bahan organik dari vegetasi mangrove ke dalam perairan. Serasah merupakan sumber utama bahan organik di perairan hutan mangrove yang dihasilkan oleh tumbuhan mangrove seperti daun, ranting, buah dan bunga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui produksi serasah mangrove jenisSonneratia alba serta hubungan diameter batang pohon dengan jumlah produksi serasah mangrove di Telaga Wasti, Kabupaten Manokwari dan juga faktor fisik kimia lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode metode litter trap untuk menampung serasah. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2021 di Telaga Wasti, Kabupaten Manokwari dan analisis dilakukan di Laboratorium Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Papua. Hasil penelitian menunjukan produksi serasah mangrove Sonneratia alba sebesar 0,79 gr/m2/28 hari atau 0,028 gr/m2/hari. Hasil analisis korelasi menunjukan adanya hubungan yang sangat kuat dan berpengaruh antara diameter batang dan produksi serasah mangrove Sonneratia alba.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ish

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Environmental Science

Description

Igya ser hanjop adalah jurnal yang menyediakan sumber informasi ilmiah yang ditujukan untuk peneliti, lembaga penelitian, instansi pemerintah, dan pemangku kepentingan. Jurnal ini menerbitkan manuskrip penelitian asli yang berfokus pada hasil penelitian tentang semua aspek pembangunan ...