Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial
Vol 4, No 2 (2022): September 2022

PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SDN SUNGAI JINGAH 4 BANJARMASIN

Hartati Hartati (FKIP - UVAYA)
Agus Dian Mawardi (FKIP - UVAYA)
Muhammad Ihsan Ramadhani (FKIP - UVAYA)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik menggunakan media online dengan hasil belajar pada pembelajaran matematika kelas V SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan jumlah populasi sebanyak 72 siswa dan jumlah sampel sebanyak 36 siswa kelas eksperimen dan 36 siswa kelas kontrol. Alat penggalian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan dokumentasi untuk mengetahui data-data yang diperlukan. Pengolahan data dengan uji validitas dan reliabilitas sedangkan analisis data dilakukan untuk menemukan hasil penelitian secara keseluruhan dengan uji-t, pengambilan kesimpulan dan analisis data ini dilakukan dengan kuantitatif menggunkan rumus T-Test. Kesimpulan yang telah didapat dalam penelitian pengaruh pendekatan saintifik menggunakan media online terhadap hasil belajar pada mata pelajaran matematika Di SDN Sungai Jingah 4 Banjarmasin, dengan hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung 1,702 > ttabel 1,666 dengan   df = 70 dan α = 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah dilakukan pembelajaran dengan pendekatan berbeda.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

terapung

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Dalam rangka memperluas media publikasi dan desiminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Ilmu - Ilmu Sosial, Unit Jurnal dan Publikasi Ilmiah Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-banjary Banjarmasin telah menerbitkan Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial dengan e-ISSN : 2656-2928 ...