Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 2 (2022): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

Ririn Rahmayanti (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Mardiah Syofiana (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Winda Ramadianti (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat mendeskripsikan rendah ataupun tingginya kompetensi yang memiliki pikiran kritis matematis pelajar Sekolah Menengah Pertama pada kegiatan pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Ragam observasi yang dipakai pada observasi ini ialah deskriptif kualitatif. Subjek yang dipakai dalam observasi ini ialah pelajar di kelas 8 SMP negeri 7 kota Bengkulu dengan jumlah 3 pelajar. Data yang telah terkumpulkan pada penelitian ini diolah dengan teknik pemberian instrumen berupa studi dokumentasi ialah Lembar Kerja Siswa (LKS) yang dipakai dalam kegiatan belajar serta hasil wawancara. Dalam penelitian ini memberikan suatu hasil yang membuktikan bahwasanya: pelajar yang memiliki keahlian tinggi telah sesuai dengan seluruh pengindikasi dari keahlian berpikir kritis, pelajar yang memiliki keahlian sedang telah sesuai dengan tiga pengindikasi dari keahlian berpikir kritis serta pelajar yang memiliki keahlian rendah hanyalah mampu sesuai dengan dua pengindikasi dari keahlian berpikir kritis. Pada konteks tersebut bisa diambil simpulan bahwasanya keahlian berpikir kritis matematis pelajar dalam pemberian soal matematika ialah sedang dengan interpretasi , hal ini dapat dilihat dari pengkategorian kompetensi yang memiliki pikiran yang kritis matematis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...