CEMARA
Vol 19 No 2 (2022): JURNAL PERTANIAN CEMARA (CENDEKIAWAN MADURA)

POTENSI LIMBAH FERMENTASI METODE BIOTEKNOLOGI KOMBUCHA BUNGA TELANG (ClitoriaternateaL) SEBAGAI PUPUK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN CABAI RAWIT (CapsiumfrutencesL. Var Cengek)

Firman Rezaldi (Program Studi Farmasi Fakultas Sains Farmasi Kesehatan Universitas Mathla’ul Anwar Banten)
Fajar Hidayanto (Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Merdeka Pasuruan)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2022

Abstract

Pupuk organik cair adalah pupuk yang dihasilkan dari campuran bahan mudah terdekomposisi, mampu memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologis tanah karena mengandung nutrisi yang mempunyai dampak meningkatkan pertumbuhan tanaman.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pupuk cair dari limbah fermentasi kombucha bunga telang terhadap pertumbuhan tanaman cabai. Desain penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan faktor tunggal, yaitu perbedaan konsentrasi pupuk organik cair yang diberikan 6 perlakuan dengan 5 pengulangan dalam setiap perlakuan. Perlakuan tersebut antara lain; P0 (tanpa perlakuan), P1 (pupuk kombucha bunga telang konsentrasi 1 mL/L), P2 (pupuk kombucha bunga telang konsentrasi 2 mL/L), P3 (pupuk kombucha bunga telang konsentrasi 3 mL/L), P4 (pupuk kombucha bunga telang konsentrasi 4 mL/L), dan P5 (pupuk kombucha bunga telang konsentrasi 5 mL/L). Variabel pengamatan meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, bobot segar, dan bobot kering. Penelitian ini telah membuktikan bahwa perlakuan pupuk organik cair yang mengandung limbah fermentasi kombucha bunga telang berdampak terhadap semua variabel pengamatan pertumbuhan dan hasil.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

FP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Pertanian Cemara (Cendekiawan Madura) terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Mei dan Nopember Berisi tentang hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan aplikasi teori dalam bidang pertanian. ...