Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 4 (2022): Desember

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik

Izzatun Nidda (Universitas Mataram)
Muhammad Taufik (Universitas Mataram)
Wahyudi Wahyudi (Universitas Mataram)
Aris Doyan (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing yang layak, praktis dan efektif digunakan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan 4D Models. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 4 SMAN 8 Mataram. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validasi untuk menentukan kelayakan, angket respon peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk menentukan kepraktisan, dan alat evaluasi  digunakan untuk mengetahui keefektifan produk yang dikembangkan. Hasil analisis validitas rata-rata keseluruhan perangkat pembelajaran memiliki persentase 82,27% dengan kriteria valid yang berarti bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan. Hasil kepraktisan perangkat pembelajaran diperoleh dari angket respon terhadap LKPD dan alat evaluasi yang memiliki persentase masing-masing sebesar 87,31% dan 84,38% dengan kategori sangat praktis. Nilai yang diperoleh dari hasil keterlaksanaan pembelajaran yang dirata-ratakan sebesar 3,5 dengan kriteria baik yang menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan telah berlangsung sesuai dengan rencana yang tertuang pada RPP. Hasil keefektifan perangkat pembelajaran diperoleh dari nilai  rata-rata uji  N-gain sebesar 0,42 dengan kriteria sedang yang berarti bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa perangkat model inkuiri terbimbing yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik pada materi elastisitas dan hukum Hooke.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...