Coverage: Journal of Strategic Communication
Vol 13 No 1 (2022)

Peningkatan Literasi Internet dan Penguatan Sistem Informasi Desa Bagi Perangkat Desa Kiarasari Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor

Riza Darma Putra (Universitas pancasila)
Muhamad Rosit (Universitas Pancasila)
Elvina Lathifa (Universitas Pancasila)
Desti Fitriati (Universitas Pancasila)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2022

Abstract

Penggunaan internet dalam pembangunan Desa Kiarasari memberi sinyal positif dalam upaya memperkuat desa dan kelembagaanya. Dengan adanya internet ini tentu saja dapat mendorong percepatan pembangunan,namun penggunaan internet saja tidak cukup. Harus ada peningkatan literasi bagi pemangku kepentingan di Desa Kiarasari dalam menggunakan internet. Untuk itu ketersedian internet tidak hanya sebatas perangkat pendukung dan website saja, akan tetapi penguatan sistem informasi bagi perangkat harus berdaya dalam menggunakan internet di desa. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan literasi internet dan penguatan sistem informasi desa bagi perangkat Desa Kiarasari Sukajaya, Kabupaten Bogor. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena ingin melihat dan mendalami brainstorming dengan mitra terkait melalui rencana modul dan instrumen kegiatan yang meliputi kemampuan literasi media. Hasil penelitian masih menunjukan adanya gap atau jarak antara fasilitas dan kebijakan penggunaan denganpemahaman atau literasi bagi para perangkatnya dalam menggunakan internet desa, temuan peneliti menggambarkan pengetahuan mengenai internet aparat desa belum maksimal dengan kontribusinya terhadap pembangunan dan tata kelola desa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

coverage

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The manuscript was written for Coverage: Journal of Strategic Communication (Coverage) should be an original research paper either theoretically or empirically which sufficiently contributes novelty to communication studies. This journal provides immediate open access to its content on the principle ...