Maraknya persaingan bisnis coffee shop, menjadikan pengusaha dituntut untuk bisa mempertahankan usahanya. Salah satu upaya yang ditempuh oleh pelaku usaha, yakni dengan membuat strategi yang baik agar mampu memberikan pelayanan yang terbaik sehingga hubungan dengan pelanggan tetap terjalin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengunakan analisis deskriptif, uji regresi linier sederhana, dan uji hipotesis. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan Kedai Kopi Massa Kok Tong The Oasis Palace Rantau Prapat sejumlah 100 orang. Hasil penelitian ini terlihat bahwa strategi bisnis berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan Kedai Kopi Massa Kok Tong The Oasis Palace Rantau Prapat. Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesarnya 0,774, ini menunjukkan strategi bisnis yang dilakukan sudah memberikan kontribusi terhadap loyalitas pelanggan sebanyak 77,4%, dan sisanya sebesar 22,6% adalah kontribusi dari variabel lain yang tidak diteliti. Kata Kunci: Kedai Kopi; Loyalitas Pelanggan; Massa Kok Tong; Strategi Bisnis
Copyrights © 2022