Studi Kasus Inovasi Ekonomi
Vol. 6 No. 02 (2022)

KINERJA UMKM MELALUI PENGUATAN KELEMBANGAAN DAN DIGITAL MARKETING SAAT PANDEMI COVID-19

Detak Prapanca (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Sriyono Sriyono (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Sarwenda Biduri (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Eksistensi UMKM memang tidak dapat diragukan lagi karena terbukti mampu bertahan dan menjadi roda penggerak ekonomi, terutama pasca krisis ekonomi. Abdimas ini memberikan solusi permasalahan yang ada melalui penguatan digital marketing dan kelembagaan terhadap UMKM untuk meningkatkan kinerja UMKM. Metode dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini adalah dengan metode riset aksi atau sering dikenal dengan istilah PAR atau Participatory Action Research.. Mitra dalam kegiatan ini adalah pemilik usaha lele yang berada di desa tersebut. Hasil yang diperoleh saat terjun kelapangan adalah ditemukan kelemahan dari UMKM bahwa UMKM tidak mampu mengatasi masalah pemasaran yang ada serta lemahnya legalitas kelembagaan yang dimiliki sehingga UMKM tidak mampu bersaing. Solusi yang ditawarkan adalah memberikan edukasi dan implementasi digital marketing serta pembuatan legalitas kelembagaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

skie

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Studi Kasus Inovasi Ekonomi (SKIE) adalah jurnal pengabdian berkala yang diterbitkan dua kali setahun (Maret dan September). Editor menerima naskah layanan publik yang berfokus pada 1) memberdayakan ekonomi masyarakat; 2) pengembangan dan pemberdayaan ekonomi kreatif; 3) pembangunan ekonomi berbasis ...