Parameter
Vol. 7 No. 2 (2022): JURNAL PARAMETER

Analisis Pertumbuhan Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada PT Siantar Top Tbk Periode Tahun 2016 – 2020

Diah Sabrina (Mahasiswa Prodi Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana)
Edison Hamid (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana)
Rachmawati (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2022

Abstract

This study aims to determine how the growth of promotion costs and distribution costs in increasing sales volume, the object of research is PT. Siantar Top, Tbk data is taken from the financial statements for the period 2016-2020. This research uses descriptive qualitative method which consists of three variables, namely promotion costs and distribution costs as independent variables and sales volume as the dependent variable. Data analysis used case studies (non-hypothesis). Based on the results of data analysis shows that the average of the last 5 years the growth of promotion costs as a whole is 4.92%. For the last 5 years the average growth in distribution costs as a whole is 6.47%. Then from the results of weighting the average growth of promotion costs in increasing sales volume for 5 years by 1.81% and the average growth of distribution costs in increasing sales volume for 5 years by 1.37%. So that the total contribution of the growth of promotion costs and distribution costs in increasing sales volume at PT. Siantar Top Tbk. for the last 5 years, namely in the 2016-2020 period of 3.19% and the rest was contributed by other factors not examined in this study. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pertumbuhan biaya promosi dan biaya distribusi dalam meningkatkan volume penjualan, objek penelitian adalah PT. Data Siantar Top, Tbk diambil dari laporan keuangan periode 2016-2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga variabel yaitu biaya promosi dan biaya distribusi sebagai variabel bebas dan volume penjualan sebagai variabel terikat. Analisis data menggunakan studi kasus (non-hipotesis). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata 5 tahun terakhir pertumbuhan biaya promosi secara keseluruhan adalah 4,92%. Selama 5 tahun terakhir rata-rata pertumbuhan biaya distribusi secara keseluruhan adalah 6,47%. Kemudian dari hasil pembobotan rata-rata pertumbuhan biaya promosi dalam peningkatan volume penjualan selama 5 tahun sebesar 1,81% dan rata-rata pertumbuhan biaya distribusi dalam peningkatan volume penjualan selama 5 tahun sebesar 1,37%. Sehingga total kontribusi pertumbuhan biaya promosi dan biaya distribusi dalam meningkatkan volume penjualan pada PT. Siantar Top Tbk. selama 5 tahun terakhir yaitu pada periode 2016-2020 sebesar 3,19% dan sisanya disumbang oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

parameter

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Parameter dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian Manajemen. Sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada Masyarakat luas dan sebagai sumber ...