Integrated Science Education Journal
Vol 3 No 3 (2022): September

Identifikasi Tingkat Pemahaman Materi Gerak Lurus Pada Siswa Kelas X MIPA SMAN 1 Muaro Jambi

Langgeng Yoga Wicaksono (Universitas Jambi)
Auliya Ramadhanti (Universitas Negeri Yogyakarta)
Nadia Natalia Simamora (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep siswa kelas X MIPA terhadap Teori gerak lurus. Metodologi: Studi dilakukan pada 13-19 Oktober 2020 di SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Penelitian dilakukan dengan instrumen berupa angket yang berisi pertanyaan tentang Teori gerak lurus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode siswa mengisi angket yang diberikan berupa pertanyaan tentang Teori gerak lurus melalui link google form. Temuan Utama: Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan data 42% sampel memiliki tingkat pemahaman yang kurang terhadap teori gerak lurus, 36% sampel memiliki tingkat pemahaman yang cukup terhadap materi, 12% sampel memiliki tingkat pemahaman baik, 8% sampel memiliki tingkat sangat kurang pemahaman materi dan hanya 2% sampel yang memiliki tingkat pemahaman sangat baik terhadap teori gerak lurus yang diajarkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa siswa peserta di SMAN 1 Muaro Jambi memiliki tingkat pemahaman yang kurang terhadap Teori gerak lurus yang diajarkan dan dipelajari. Kebaruan/Originalitas penelitian: Pemahaman yaitu kemampuan seseorang untuk memahami atau memahami sesuatu setelah sesuatu yang diketahui atau diingat, termasuk kemampuan menangkap makna dari makna materi yang dipelajari, yang dinyatakan dengan menguraikan pohon isi dari sesuatu bacaan, atau mengubah data yang disajikan dalam bentuk tertentu ke bentuk lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ISEJ

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Covers all the Integrated Science Education Journal (ISEJ) at the level of primary, secondary, senior, and higher education. The goal of this journal is to bring together researchers and practitioners from academia and industry to focus on Educational advancements and establishing new collaborations ...