Forum Agribisnis
Vol 12 No 2 (2022): FA VOL 12 NO 2 SEPTEMBER 2022

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Pembelian Mi Shirataki Instan: Aplikasi Extended Theory of Planned Behavior

Frissilia Nabila Divayana (Program Magister Sains Agribisnis, Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor)
Rita Nurmalina (Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor)
Suprehatin Suprehatin (Departemen Agribisnis, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Mie shirataki instan termasuk dalam makanan fungsional yang terbuat dari umbi iles-iles. Mie shirataki instan memiliki beberapa manfaat karena kandungan glukomanan pada umbi iles-iles. Produk ini mengalami peningkatan permintaan yang positif meskipun terdapat keterbatasan dari segi segmen konsumen dan ketersediaan produk. Hal ini menunjukkan bahwa ada kemungkinan motivasi pembelian yang dilatarbelakangi oleh keyakinan bahwa produk tersebut aman dan sehat dibandingkan dengan mie instan biasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli konsumen mie instan shirataki dengan memperluas Theory of Planned Behavior. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner online. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan responden yang berhasil diperoleh setelah dilakukan screening adalah 450 orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model E-TPB terbukti lebih baik dalam menjelaskan pengaruh niat beli pada mie instan shirataki dengan variabel yang berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap niat yaitu sikap terhadap perilaku, norma subjektif, kontrol perilaku yang dirasakan, kesadaran kesehatan dan ketersediaan yang dirasakan. Selain itu, temuan menunjukkan bahwa kesadaran kesehatan dan ketersediaan yang dirasakan dapat memiliki efek tidak langsung yang signifikan pada niat. Strategi yang dapat dilakukan bagi produsen adalah membuat event pemasaran dengan mengundang kelompok referensi konsumen, berkolaborasi dengan influencer media sosial, memberikan testimoni pelanggan, serta meningkatkan promosi dan ketersediaan produk.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fagb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Forum Agribisnis adalah jurnal ilmiah sebagai forum komunikasi antar peneliti, akademisi, dan penentu kebijakan dan praktisi dalam bidang agribisnis dan bidang terkait lainnya. Tulisan bersifat asli berisi analisis empirik atau tinjauan teoritis dan review buku terbaru. Forum Agribisnis dikelola ...