IndraTech
Vol 3, No 1 (2022): Mei 2022

EFEKTIFITAS PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI BERNAS PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN

Marisah Marisah (SMPN Bernass)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Perpustakaan secara histori memegang peranan penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Untuk itu semua lembaga pendidikan hendaknya memaksimalkan fungsi perpustakaan sebagai sumber belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektifitas perpustakaan sebagai sumber belajar di SMPN Bernas Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, dan faktor apa saja yang mempengaruhinya. Jenis penelitian kualitatif dalam bentuk deskripsi ini mengambil sampel 53 orang siswa dengan menyebarkan angket serta didukung oleh teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas efektifitas perpustakaan sebagai sumber belajar di SMPN Bernas Pangkalan Kerinci dikategorikan “baik” dengan angka persentase sebesar 78,62%. Hal ini hendaknya dipertahankan, namun juga perlu ditingkatkan. Temuan kedua, menunjukkkan bahwa Faktor yang mempengaruhi tingkat efektifitas pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa di SMPN Bernas Pangkalan Kerinci sehingga dapat dikategorikan “baik” adalah sebagai berikut: Faktor Pendukung: (1) Ruang perpustakaan; (2) Bahan pustaka; (3) Pustakawan; (4) Siswa yang memiliki intelektual yang tinggi; (5) Guru; dan (6) Manajemen Sekolah. Faktor Penghambat hanya satu yakni: Siswa yang memiliki intelektual yang rendah.Kata Kunci: Efektifitas; Perpustakaan; Suber Belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jit

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Control & Systems Engineering Library & Information Science Other

Description

Bidang keilmuan : Sistem Informasi, Jaringan Komputer, Sistem Terdistribusi, Telekomunikasi, Informatika, Sistem pakar dan Kecerdasan Buatan. Manajemen Pendidikan dan Sistem Ekonomi ...