Penelitian Tindakan Sekolah bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam menerapkan metode pembelajaran Cooperative Scrip. Subjek penelitian guru-guru yang bertugas di SDN 071054 Biouti jumlah responden 9 orang. Penelitian dilakukan dua siklus dengan instrumen penelitian observasi, evaluasi kemampuan pada akhir siklus dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Cooperative Scrip dapat dipahami guru dan perlu digunakan dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat melalui hasil olahan data sebagai berikut, awal kemampuan guru-guru menguasai metode pembelajaran Cooperative Scrip 58,14 dengan tingkat penguasaan keseluruhan 33,33%. Setelah berlangsung Supervisi Kepala Sekolah melalui metodeing (simulator) pada siklus I penguasaan guru menjadi 62,59 (50%) peserta sudah memiliki kemampuan yang berubah, artinya 5 orang telah baik, 4 orang kurang. Kemudian pada siklus II terjadi pengulangan Supervisi dari Kepala Sekolah dengan konteks yang sama pada siklus II tapi diperbaiki kesalahan pada siklus I maka diperoleh nilai perubahan kemampuan guru meningkat 70,74 atau 77,77% peserta sudah mencapai keberhasilan. Sisa peserta yang kurang baik sebanyak 2 orang akan ditangani lebih lanjut oleh Kepala Sekolah
Copyrights © 2022