EJoES (Educational Journal of Elementary School)
Vol 3, No 2 (2022): Educational Journal of Elementary School (EJoES)

Meningkatkan Kemampuan Pada Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Scrip Melalui Supervisi Kepala Sekolah

Tanozisokhi Lombu (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2022

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah bertujuan untuk mengembangkan kemampuan guru dalam menerapkan metode pembelajaran Cooperative Scrip. Subjek penelitian guru-guru yang bertugas di SDN 071054 Biouti  jumlah responden 9 orang. Penelitian dilakukan dua siklus dengan instrumen penelitian observasi, evaluasi kemampuan pada akhir siklus dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Cooperative Scrip dapat dipahami guru dan perlu digunakan dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat melalui hasil olahan data sebagai berikut, awal kemampuan guru-guru menguasai metode pembelajaran Cooperative Scrip 58,14 dengan tingkat penguasaan keseluruhan 33,33%. Setelah berlangsung Supervisi Kepala Sekolah melalui metodeing (simulator) pada siklus I penguasaan guru menjadi 62,59 (50%) peserta sudah memiliki kemampuan yang berubah, artinya 5 orang telah baik, 4 orang kurang. Kemudian pada siklus II terjadi pengulangan Supervisi dari Kepala Sekolah dengan konteks yang sama pada siklus II tapi diperbaiki kesalahan pada siklus I maka diperoleh nilai perubahan kemampuan guru meningkat 70,74 atau 77,77% peserta sudah mencapai keberhasilan. Sisa peserta yang kurang baik sebanyak 2 orang akan ditangani lebih lanjut oleh Kepala Sekolah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EJoES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

EJoES (Educational Journal of Elementary School) is an electronic journal that publishes original research papers, review articles by invited experts, and novel technology news related to Elementary School. EJoES has served researchers, teacher educators, and practitioners in the elementary since ...