Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi
Vol 16 No 1 (2021)

Kemampuan Empati Dan Kesejahteraan Di Sekolah Pada Siswa Kelas 7

Eka Novia Harwatiningsih (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Rahma Widyana (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Narastri Insan Utami (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2022

Abstract

Kesejahteraan di sekolah merupakan hal yang penting dimiliki oleh setiap siswa. Perasaan sejahtera di sekolah dapat memberikan efek positif pada proses pembelajaran dan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan empati dengan kesejahteraan di sekolah pada siswa SMP kelas 7. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara kemampuan empati dengan kesejahteraan di sekolah pada siswa SMP kelas 7. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 75 orang yang memiliki karakteristik siswa atau siswi SMP kelas 7 di SMP X. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat ukur Skala Kemampuan Empati dan SkalaKesejahteraan di sekolah. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi (rxy) = 0,436 dengan p < 0,01. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kemampuan empati dengan kesejahteraan di sekolah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

psikosains

Publisher

Subject

Humanities Neuroscience Physics Social Sciences Other

Description

PSIKOSAINS adalah jurnal ilmiah yang memuat hasil-hasil penelitian maupun Pemikiran dalam bidang psikolog. Diterbitkan dua kali dalam satu ...