Forum Bisnis dan Kewirausahaan
Vol 12 No 1 (2022): Forum Bisnis dan Kewirausahaan

ANALISIS PELAKSANAAN DAN EFEKTIVITAS PEMUTIHAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI PALEMBANG ( STUDI PADA KANTOR BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA PALEMBANG )

Icha Fajriana (Universitas Multi Data Palembang)
Hanny Fachrunissa (Universitas Multi Data Palembang)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Badan Pendapatan Daerah Kota Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemutihan pajak kendaraan bermotor dan faktor penghambat pemungutan pajak pada masa pandemi Covid 19. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan melakukan pengumpulan data, mengelola data, menganalisi data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemutihan kendaraan bermotor di masa pandemi Covid19 di Palembang berjalan secara efektif dan faktor yang menghambat pemungutan yaitu ekonomi dan kesadaran diri masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa pemutihan pajak kendaraan bermotor efektif membantu meringankan beban denda wajib pajak yang menunggak dan mampu menstabilkan pendapatan pajak kendaraan bermotor pada masa pandemi di Palembang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

forbiswira

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

FORBISWIRA , Forum Bisnis dan Kewirausahaan merupakan jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan oleh STIE Multi Data Palembang (MDP Business School), Indonesia. Merupakan media bagi para dosen, mahasiswa, alumni, dan peneliti lainnya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan paper yang berisi ...