Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan siswa saat pembelajaran menulis puisi Buddhis dan meningkatkan kemampuan menulis puisi Buddhis dengan penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL). Tempat penelitian di SMB Dhamma Sasana, Wonogiri. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini yaitu: (1) dapat meningkatkan keaktifan siswa saat pembelajaran menulis puisi Buddhis. Hal ini ditandai saat pembelajaran siswa aktif membangun pengetahuan sendiri, aktif mengajukan pertanyaan, aktif menyimak model puisi Buddhis, aktif kerjasama kelompok, aktif menemukan ide, aktif menulis puisi Buddhis, dan aktif saat refleksi. (2) mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi Buddhis. Saat prasiklus siswa yang mencapai nilai KKM 12 siswa (48%) dengan nilai rata-rata 66. Siklus I siswa yang telah mencapai nilai KKM adalah 17 siswa (65,38%), nilai rata-rata adalah 71. Siklus II siswa yang telah mencapai nilai KKM sebanyak 20 siswa (76,92%), dengan nilai rata-rata 77.
Copyrights © 2019