Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 10, No 2 Sep (2022): Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya)

PHONETIC ERROR ANALYSIS OF SPEAKING SKILLS IN FRENCH STUDENTS THROUGH VIDEO MEDIA

Indah Nevira Trisna (Universitas Lampung)
Diana Rosita (Universitas Lampung)
Endang Ikhtiarti (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2022

Abstract

This study aims to describe the phonetic errors found in the speaking skills of UNILA French Education Study Program students, especially in speaking skills through video media. This study uses descriptive qualitative research methods. The data sources in this study were fourth semester students in the academic year 21-22. The highest error is found in the phonetic pronunciation of consonants by 57.8%, namely in the pronunciation of consonants [Ʒ] as much as 20%. Then, there are only a few vowel errors of 7.8%, namely in the pronunciation of [œ] and [ə]. The results of this study are expected to be an evaluation material for perfecting phonetic pronunciation in speaking skills. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan fonetik yang terdapat pada keterampilan berbicara mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Prancis UNILA, khususnya pada mata kuliah keterampilan berbicara melalui media video. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah mahasiswa semester empat pada tahun akademik 21-22. Kesalahan paling tinggi terdapat pada pelafalan fonetik konsonan sebesar 57,8% yaitu pada pelafalan huruf konsonan [Ʒ] sebanyak 20%. Kemudian, hanya terdapat beberapa kesalahan vokal sebesar 7,8% yaitu pada pelafalan [œ]dan [ə]. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan evaluasi untuk menyempurnakan pelafalan fonetik pada keterampilan berbicara. Keywords: Phonetic errors, French, Video

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BINDO1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas ...