Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 10, No 3 (2022): SEPTEMBER 2022

KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH HOTS LEVEL EVALUASI

Nurul Hidayah (IAIN Kediri)
Eka Resti Wulan (Institut Agama Islam Negeri Kediri)
Dewi Hamidah (IAIN Kediri)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2022

Abstract

This research aims to describe students' mathematical connection abilities, which can be seen from their problem-solving abilities when solving HOTS-level evaluation problems. This study uses a qualitative descriptive research method with the research subjects of class VIII G SMPN 1 Plosoklaten, Kediri, East Java, involving 30 students. Data were collected through the provision of mathematical connection tests and interviews. The test instrument consists of three questions that meet the indicators of mathematical connection. The results showed that students who had high problem-solving abilities, each problem solving were able to connect mathematical concepts, mathematics with other fields, and mathematics with everyday life. Students with moderate problem-solving abilities can solve all three of the HOTS-level evaluations related to mathematical connections, but have not been able to connect with other concepts. Students with low problem-solving abilities are less able to solve the three HOTS level evaluation questions related to mathematical connections, do not carry out the first stage, and every problem solving between concept does not connect between mathematical and other concepts, but every problem solving can connect with everyday life.Keywords: HOTS level evaluation; mathematical connection; problem solving  AbstrakTujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah ketika dalam memecahkan masalah HOTS level evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripsi kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII G SMPN 1 Plosoklaten Kab. Kediri Jawa Timur, berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui tes koneksi matematis dan wawancara. Instrumen tes terdiri dari tiga soal yang memenuhi indikator koneksi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan pemecahan masalah tinggi, setiap tahapan pemecahan masalah mampu mengkoneksikan antar konsep matematika, matematika dengan bidang lain, dan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Siswa berkemampuan pemecahan masalah sedang mampu memecahkan ketiga soal HOTS level evaluasi yang berkaitan dengan koneksi matematis, namun kurang mampu mengkoneksikan dengan konsep bidang lain. Siswa berkemampuan pemecahan masalah rendah kurang mampu memecahkan ketiga soal HOTS level evaluasi yang berkaitan dengan koneksi matematis, tidak melaksanakan tahap memeriksa kembali dan setiap tahapan pemecahan masalah kurang mengkoneksikan antar konsep matematika maupun bidang lain, namun setiap tahapan pemecahan masalah mampu mengkoneksikan dengan kehidupan sehari-hari.Kata Kunci: HOTS level evaluasi; koneksi matematis; pemecahan masalah  DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v10i3.pp290-306

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...