Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Pedagogi

Hubungan Pengelolaan Kelas Daring dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar

Kartika Nurbaiti (Universitas Lampung)
Nelly Astuti (Unknown)
Frida Destini (Unknown)
Supriyadi Supriyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2022

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah Metro Pusat yang disebabkan oleh kurangnya keterampilan pendidik mengelola kelas pada pembelajaran daring dan minat belajar peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan pendidik mengelola kelas pada pembelajaran dalam jaringan dan minat belajar dengan hasil belajar. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto korelasi. Populasi berjumlah 185 orang peserta didik dan sampel berjumlah 66 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan pendidik mengelola kelas pada pembelajaran dalam jaringan dan minat belajar dengan hasil belajar ditunjukkan dengan koefisien korelasi berada pada taraf “Kuat”.DOI: http://dx.doi.org/10.23960/pdg.v10i1.24202

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar is an academic journal that published all the studies in the areas of education, learning, teaching, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments from various types of research such as surveys, ...