Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 10, No 1 (2022): Jurnal Pedagogi

Hubungan antara Kompetensi Profesional Guru dan Kemampuan Komunikasi Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar

Devitha Putri Mumthahana (Unknown)
Alben Ambarita (Universitas Lampung)
Frida Destini (Universitas Lampung)
Rapani Rapani (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2022

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri Gugus R.A Kartini Metro Timur yang disebabkan oleh kurangnya kompetensi professional guru dan kemampuan komunikasi peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dan kemampuan komunikasi dengan kemampuan berpikir kritis.Jenis penelitian yaitu kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto korelasi. Populasi berjumlah 177 orang peserta didik dan sampel berjumlah 125 orang peserta didik menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data yaitu, kuesioner, observasi, wawancara. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru dan kemampuan komunikasi dengan kemampuan berpikir kritis, dengan koefisien korelasi sebesar 0,76 berada pada taraf “Kuat”.DOI: http://dx.doi.org/10.23960/pdg.v10i1.24123

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar is an academic journal that published all the studies in the areas of education, learning, teaching, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments from various types of research such as surveys, ...