Shaut Al-'Arabiyah
Vol 10 No 2 (2022): JURNAL SHAUT AL-'ARABIYAH

Strategi Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Masa Pandemi Covid-19 di Pusat Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Malang

Ahmad Dzulfikar Al Farobi (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
R. Taufiqurrochman (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Sutaman (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Faroidusy Syauqi Ahmad Z (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Firman Nurul Fauzi (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Moh. Zayyadi (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Pusat Ma’had Al-Jami’ah merupakan Unit di bawah naungan kampus Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang menerapkan manajemen dalam pembelajarannya, namun sejak munculnya Pandemi Covid-19, lembaga ini turut serta merubah pola pembelajarannya menyesuaikan dengan protokol kesehatan yag berlaku, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab pada Program Shabahul Lughah beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi serta analisis SWOT, dengan melibatkan Direktur, Staf Ma’had, Murabbi dan Musyrif sebagai informan. Hasil dari penelitian ini adalah telah dibentuknya sistem perencanaan yang baik dalam perencanaan pembelajaran, serta dalam pelaksanaanya sudah berjalan sebagaimana yang direncanakan, dan hasil belajar yang baik menunjukkan keberhasilan dari pelaksanaan serta penggunaan alat evaluasi yang sesuai dan akurat. Terdapat kelemahan seperti kurang lengkapnya fasilitas dan skema baru dalam pembelajaran model daring dan telah dapat diatasi dengan baik dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Shautul-Arabiyah

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Shaut Al-'Arabiyah published twice a year since 2013 (June and December), is a multilingual (Bahasa, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education, Hadits, and Other Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of ...