ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 12, No 2 (2022): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED

PENGEMBANGAN CASE METHOD MATA KULIAH KEPRAMUKAAN SEBAGAI PENGEMBANGAN PENDIDIKAN JASMANI TINGKAT DASAR

Agustin Sastrawan Harahap (Universitas Negeri Medan)
M Irfan (Universitas Negeri Medan)
Khairul Usman (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan desain mata kuliah Pramuka dengan konsep metode kasus pada Program Studi PJKR Universitas Negeri Medan. Pengembangan konsep pembelajaran melalui penggunaan konsep metode kasus dalam mata kuliah dapat mendukung optimalisasi Key Performance Indicator (KPI) dalam konsep pengembangan Kelas Kolaboratif dan Partisipatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development Instructional design (desain pembelajaran) dengan pendekatan ADDIE, yang merupakan kepanjangan dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah Pramuka memiliki tingkat kesesuaian sebesar 88% dalam penerapan metode kasus. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa pengembangan mata kuliah sesuai dengan metode studi kasus dan telah sesuai dengan kompetensi lulusan untuk menjadi Guru Pendidikan Jasmani.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Article written for the journal includes research result education, learning, and public service at preschool and primary ...