ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED
Vol 12, No 1 (2022): ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED

ANALISIS GAMBAR KARYA SISWA SEKOLAH DASAR MENURUT LOWENFELD

Agustia Simorangkir (Universitas Negeri Medan)
Mesra Mesra (Universitas Negeri Medan)
Adek Cerah Kurnia Azis (Universitas Negeri Medan)
Sugito Sugito (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan kemampuan menggambar pemandangan alam karya siswa kelas V SD Swasta Karang Sari Medan ditinjau dari aspek bentuk dan warna berdasarkan tipe gambar anak menurut Lowenfeld. Subjek penelitian ini adalah 48 peserta didik di SD Karang Sari. Metode penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi dengan analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan bentuk gambar anak, maka diperoleh sebesar 69% (33 karya) bertipe visual dan 31% (15 karya) bertipe haptik. Gambar siswa ditinjau dari aspek warna, maka diperoleh sebesar 61% (29 karya) dengan warna bersifat visual dan 39% (19 karya) bersifat haptic.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Article written for the journal includes research result education, learning, and public service at preschool and primary ...