Al-Jami'ah: Journal of Islamic Studies
No 42 (1990)

Historiografi Islam Di India Pada Awal Abad Ke-20 (Dua Pendekatan Terhadap Sejarah Islam) Tinjauaan terhadap karya anis ahmad, Two Approachs to Islamic History: A Critique of Shibli Nu’mani and Syed Ameer ‘Ali Intepretations of History, Doctor of Philosophy Dissertation (Temple University, 1980)

Munir Umar (State Islamie University (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

Karya Anis Ahmad ini adalah disertasi untuk memperoleh gelar doctor dari Temple University Amerika Serikat pada tahun 1980, kemufdian naskah digandakan oleh University Microfilms Internasional Ann Arbor, Michigan Amerika Serikat dalam bentuk Xerography tahun 1986. Penulis tinjauan ini belum mendapatkan informasi, apakah naskah disertasi ini sudah diterbitkan. Menurut penulis disertasi ini, bahwa abad ke 20 bagi seorang ahli sejarah agama, menunjukkan fenomena khusus. Abad ini secara umum menunjukan suatu kebangkitan Islam dari Marokko dan Kazakhstan sampai ke Mozambique dan Indonesia. Apabila melihat kepada factor-faktor yang menyebabkan adanya kebangkitan ini, maka Nampak adanya suatu konflik antara kekuatan-kekuatan “tradisionalisme’’, pengikut ajaran yang setia dan taat kepada Quran dan Sunnah dan “Liberalisme”, Westernisasi dan Sekularisasi. Pada awal abad ke 20, pemikiran agama di anak benua India, Shibli dan Ameer Ali dianggap oleh umat Islam mewakili kedua aliran ini. Karena itu menurut Anis Ahmad dan Ameer Ali terhadap sejarah Islam, dengan memusatkan perhatiannya terhadap pemikiran agama dari kedua pemikiran Islam tersebut. 

Copyrights © 1990






Journal Info

Abbrev

AJIS

Publisher

Subject

Religion Humanities

Description

Al-Jamiah invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Islam, Muslim society, and other religions which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of law, philosophy, mysticism, history, art, ...