JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 8 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Analisis Pendapatan dan Strategi Pemasaran untuk Kelanjutan Usaha Kerajinan Anyaman Pandan di Desa Baeni Kecamatan Sampara Kabupaten Konawe

Rostin, Rostin (Unknown)
Yunila, Yunila (Unknown)
Millia, Heppi (Unknown)
Suriadi, La Ode (Unknown)
Pagala, Izharuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Desa Baeni Kecamatan Sampara Kabupaten Konawe, dengan pengambilan data pada pengrajin, dan penjual kerajinan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan pengrajin dan strategi pemasaran yang dilaksanakan para pengrajin guna menjaga kelangsungan usaha mereka. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pengrajin anyaman pandan dengan jumlah sampel sebanyak 12 oang yaitu mengambil seluruh populasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Rata rata Pendapatan pengrajin anyaman perbulan adalah Rp. 1,486,364. Meskipun pendapatan dari usaha kerajinan tergolong rendah, namun dapat menunjang ekonomi keluarga, (2) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengrajin: a. dipasarkan langsung di kios dipinngir jalan raya; b. secara online (face book, Whatsup), c.lewat pameran dan atau dititipkan pada pedagang lain. (3) Kegiatan yang dilakukan pemerintah adalah membantu pengrajin dalam mempromosikan anyaman dalam bentuk pameran Pembangunan di Daerah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan pengrajin dan menjaga pekelangsungan usaha dalam jangka panjang serta menjadi strategi pengembangannya oleh instansi terkait.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...