JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 9 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital melalui Metode Storytelling dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa-Siswi Kelas VII di SMP N 1 Tarabintang

Malau, Lasrohana (Unknown)
Panggabean, Sarma (Unknown)
Bangun, Kartini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh metode storytelling terhadap kemampuan literasi digital oleh Siswa-siswi kelas VII di SMP N 1 Tarabintang. Penelitian ini bertujuan menggambarkan pengaruh metode storytelling. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VII SMP N 1 Tarabintang yang terdiri dar1 1 kelas yang berjumlah 36. Dari populasi tersebut di tetapkan sampel berjumlah 36 orang. Dengan desain eksperimen one group pre-test post-test. Untuk memperoleh data di gunakan penugasan menceritakan ulang cerita teks. Dari analisa yang diperoleh pre-test siswa sebelum menggunakan metode storytelling di peroleh hasil terendah 50 dan tertinggi 75 dengan nilai rata-rata 61,44 dan dikategorikan cukup baik. Sedangkan hasil post-test seudah menggunakan metode storytelling di peroleh hasil terendah 62 dan tertinggi adalah 93 dengan rata-rata 80,19 dan dikategorikan baik. Hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh   >  yaitu (9,715 > 2,000). Hasil ini bahwa Ha di terima dan Ho di tolak. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode storytelling dapat meningkatkan hasil belajar siswa-siswi dalam literasi digital.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...