Tujuan Penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan seluruh rangkaian proses pelaksanaan kurikulum MBKM di prodi Matematika, PGSD, dan PJKR; (2) Mengidentifikasi dan mengevaluasi hasil capaian Kurikulum MBKM di prodi matematika PGSD dan PJKR; (3) Menelaah dan merumuskan solusi Hambatan Pelaksanaan MBKM di STKIP Taman Siswa Bima. Metode Penelitian ini adalah kualitatif yang menghasilkan data berupa deskripsi uraian informasi yang bersifat mendalam dan sistematis. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi, penafsiran dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, yaitu; (1) Proses pelaksanaan MBKM di Prodi Pendidikan Matematika, PJKR dan PGSD, mengikuti indikator kerja utama (IKU) sesuai dengan pedoman dan regulasi yang ditetapkan oleh Kemendikbud, dengan mengintegrasikan tiga indikator kerja MBKM, yaitu; Magang/Praktek, kewirausahaan dan Pertukaran Pelajar/Mahasiswa; (2) Hasil capaian pengintegrasian MBKM dalam kurikulum Prodi Pendidikan Matematika, yaitu; buku pedoman Kurikulum MBKM dan mahasiswa perwakilan dari prodi pendidikan matematika, melakukan magang/praktek kerja di BPS Kabupaten Bima, mengajar di sekolah melaui PPL 1 sebahagian lagi terlibat dalam pertukaran pelajar dengan Prodi Matematika kampus IKIP Bojo Negoro Jatim, dan mahasiswa juga terlibat dalam kegiatan wirausaha dibawah pengawasan prodi.
Copyrights © 2022