JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 9 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Analisis Adaptasi Pelaksanaan MBKM dalam Kurikulum Perguruan Tinggi Akademik di STKIP Taman Siswa Bima (Telaah Studi pada Prodi PGSD, PJKR dan Pendidikan Matematika; Hibah Program Bantuan Prodi Menerapkan Kerja Sama Kurikulum MBKM)

Irawan, Roni (Unknown)
Haryati, Tati (Unknown)
Amrin, Amrin (Unknown)
Hidayat, A. Gafar (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2022

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsikan seluruh rangkaian proses pelaksanaan kurikulum MBKM di prodi Matematika, PGSD, dan PJKR; (2) Mengidentifikasi dan mengevaluasi hasil capaian Kurikulum MBKM di prodi matematika PGSD dan PJKR; (3) Menelaah dan merumuskan solusi Hambatan Pelaksanaan MBKM di STKIP Taman Siswa Bima. Metode Penelitian ini adalah kualitatif yang menghasilkan data berupa deskripsi uraian informasi yang bersifat mendalam dan sistematis. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan wawancara, Observasi dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu reduksi, penafsiran dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, yaitu; (1) Proses pelaksanaan MBKM di Prodi Pendidikan Matematika, PJKR dan PGSD, mengikuti indikator kerja utama (IKU) sesuai dengan pedoman dan regulasi yang ditetapkan oleh Kemendikbud, dengan mengintegrasikan tiga indikator kerja MBKM, yaitu; Magang/Praktek, kewirausahaan dan Pertukaran Pelajar/Mahasiswa; (2) Hasil capaian pengintegrasian MBKM dalam kurikulum Prodi Pendidikan Matematika, yaitu; buku pedoman Kurikulum MBKM dan mahasiswa perwakilan dari prodi pendidikan matematika, melakukan magang/praktek kerja di BPS Kabupaten Bima, mengajar di sekolah melaui PPL 1 sebahagian lagi terlibat dalam pertukaran pelajar dengan Prodi Matematika kampus IKIP Bojo Negoro Jatim, dan mahasiswa juga terlibat dalam kegiatan wirausaha dibawah pengawasan prodi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...