JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 10 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Keefektifan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Menulis Teks Fabel pada Siswa Kelas VII SMP Wiraswasta Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2022

Manalu, Elsa Novianti (Unknown)
Bangun, Kartini (Unknown)
Siagian, Beslina Afriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Menulis Teks Fabel Pada Siswa-Siswi Kelas VII SMP Wiraswasta Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2022/2023 dengan data sumber siswa kelas VII yang berjumlah 62 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen atau true eksperimental design. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan essay tes untuk mengetahui Keefektifan Media Gambar Berseri dalam Pembelajaran Menulis Fabel Pada Siswa-Siswi Kelas VII SMP Wiraswasta Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2022/2023. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggnakan uji “t” diperoleh thitung = 6,391 jika dibandingkan dengan harga ttabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,00 ini menunjukkan bahwa thitung  > ttabel (6,391 > 2,00). Dengan demikian dapat hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini berarti hasil pembelajaran menulis teks fabel menggunakan media gambar berseri berpengarh dibandingkan sebelum menggunakan media gambar berseri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...