Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Harapan Tigabaru, populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Harapan Tigabaru yang berjumlah 23 orang. Metode dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan design eksperimen one group pre-test post-test. Instrumen penelitian berupa penugasan dilakukan 2 kalo yakni pada pre-test dan post-test. Sebelum melakukan pengujian hipotesis lebih dahulu dilakukan pengujian data, kemudian uji persyaratan analisis (normalisasi dan homogenitas). Dari hasil temuan penelitian nilai pre-test siswa diperoleh dengan nilai rata-rata siswa/siswi dalam menulis pantun sebelum menggunakan media gambar adalah 52,39 dengan standar deviasi (SD) 7,95 dimana nilai tertinggi siswa/siswi adalah 60 dan nilai terendah siswa/siswi 45. Untuk nilai post-test siswa diperoleh dengan nilai rata-rata siswa dalam menulis pantun setelah menggunakan media gambar adalah 78,47 dengan standar deviasi (SD) 7,85 dimana nilai tertinggi siswa/siswi adalah 95 dan nilai terendah siswa/siswi adalah 70. Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh = 2,82 jika dibandingkan dengan harga pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,13 menunjukkan > (2,82.> 1,13 ). Hal tersebut menunjukkan bahwa Ho dan diterima Ho ditolak, dalam arti media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pantun, hal ini dapat dideskripsi data dan analisis data. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar memiliki pengaruh terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII SMP Swasta Harapan Tigabaru.
Copyrights © 2022