JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 10 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Audiovisual terhadap Kemampuan Menulis Cerpen

Harefa, Ruth Yuni Ria (Unknown)
Siagian, Beslina Afriani (Unknown)
Hasibuan, Ronald (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indnesia dengan menerapkan strategi Pembelajaran Berbantuan Audivisua pada kelas VIII SMP Gajah Mada Medan tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Problem Based Learning) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII A yang berjumlah 20 siswa dan sampe keas VIII B yang berjumah 20 siswa, dengan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa, dokumentasi, dan lembar observasi aktivitas belajar siswa untuk melihat aktivitas  belajar siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 20Juli s/d 5 Agustus 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Gajah Mada Medan meningkat setelah diberikan tindakan penerapan strategi Pembelajaran Berbantuan Audivisual.. Jumlah rata rata hasil belajar siswa pada siklus I (22%) dan pada siklus II meningkat (32%). Jumlah yang memenuhi standar ketuntasan minimal belajar pada siklus I hanya 20 siswa (25,57%) (Lampiran 11) dan pada siklus II yang tuntas mencapai 20 siswa (78,56%). Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 53%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...