Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis-jenis komunikasi non-verbal dan makna terhadap penggunaan komunikasi tersebut dalam proses pembelajaran dan pengajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Terdapat 2 video yang digunakan sebagai sumber data penelitian. Video tersebut menunjukkan kegiatan proses pembelajaran di sekolah SLBN 1 Bima dan interaksi antara guru dan siswa dalam kegiatan lain. Mengumpulkan data penelitian, peneliti mentranskripsi video-video tersebut secara akurat dalam bentuk tulisan, dan kemudian mengklasfikasi data transkripsi berdasarkan tipe-tipe komunikasi non-verbal dan agar data mudah diidentifikasi dan dianalisa. Setelah seluruh data telah dikumpulkan, peneliti menganalisa data dan menggambarkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 36 tipe non-verbal yang digunakan oleh guru dan siswa di SLBN 1 Bima, yang terbagi menjadi 12 tipe facial expression, 3 tipe eye contact, 16 tipe body movements, 5 tipe hand sign dan 0 tipe touch. Mereka menggunakan tipe komunikasi nonverbal dengan berbagai jenis sesuai yang di butuhkan ketika interaksi dengan orang lain dan dengan makna yang berbeda.
Copyrights © 2022