JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 11 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi pada Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Stambuk 16 B

Munthe, Alfonsus Rikardo (Unknown)
Siagian, Beslina Afriani (Unknown)
Sitohang, Tigor (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan konjungsi Pada Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Stambuk 16 B. Analisis kesalahan tersebut dilakukan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang ditemukan dari skripsi tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis kesalahan berbahasa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik catat. Sumber data Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Stambuk 16 B Universitas HKBP Nommensen Medan. Data yang dikumpulkan dicatat dalam tabel data kemudian data dianalisis data menggunakan metode padan dengan teknik dasar daya pilah sebagai pembeda referen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan berbahasa yang paling sering digunakan adalah kesalahan subordinatif. Kesalahan subordinatif sekitar 25 data dan kesalahan koordinatif sekitar 8 data. Setelah ditemukan kesalahan-kesalahan tersebut, terdapat beberapa faktor penyebab kesalahan yaitu kurangnya kompetensi mengenai kosakata bahasa Indonesia dan kurangnya kompetensi atau pengetahuan tentang penggunaan konjungsi dalam kosakata bahasa Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...