JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 11 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Promosi Penjualan pada Social Media Marketing dan Pengaruhnya terhadap Perilaku Pembelian Produk Dessert Box: -

Dora, Yenny Maya (Unknown)
Hayatina, Sifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2022

Abstract

Perkembangan digitalisasi yang begitu pesat sejak pandemi Covid 19 membuat banyak masyarakat yang memanfaatkan sosial media sebagai wadah untuk melakukan jual beli online karena merasa dimudahkan untuk berniaga tanpa dipertemukan langsung dengan konsumen. Melalui media sosial penjual dapat menjangkau lebih luas pasar perdagangan agar mendapatkan keuntungan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis promosi penjualan pada social media marketing Instagram dan pengaruhnya terhadap perilaku pembelian produk dessert box. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli produk dessert box dengan sampel sebanyak 120 responden.  Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data diolah secara statistic dengan menggunakan SPSS versi 20 for windows yaitu model uji t dan koefisien determinan (R2). Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa variabel promosi penjualan (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian (Y). Sedangkan pada variabel social media marketing secara parsial menunjukkan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap perilaku pembelian (Y). Sedangkan variabel Promosi penjualan dan Sosial Media Marketing secara simultan berpengaruh terhadap variabel Perilaku Pembelian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...